Jumat, 18 Januari 2013

SISTEM INFORMASI PUBLIKASI GEOLOGI DI PUSAT SURVEI GEOLOGI BERBASIS WEB



ABSTRAKSI
Bangsa yang maju akan berorientasi pada budaya tulisan dibandingkan budaya tutur dan lisan. Membangun sebuah media informasi sekarang ini sangatlah penting, banyak orang yang tidak mengetahui akan pentingnya media informasi ini, padahal dari media informasi kita dapat mengetahui banyak informasi yang belum kita ketahui.Oleh karena itu dibutuhkan media informasi dalam bentuk informasi elektronik melalui website yang menyajikan banyak informasi yang lebih efisien dibandingkan jika kita harus mencari informasi langsung ke lapangan yang akan memakan waktu lebih lama dan biaya yang lebih mahal.

Pesatnya kemajuan dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi serta seiring dengan perkembangan zaman membuat peran informasi menjadi sangat penting. Perkembangan informasi saat ini sangat erat kaitannya dengan perkembangan komputer sebagai sarana pendukung suatu pekerjaan. Sebagai penyimpan informasi, komputer merupakan penyampai informasi yang lengkap, tepat, cepat, dan akurat. Komputer sebagai pendukung informasi telah menjangkau seluruh bidang.


Preview dari Jurnal yang Kami dapat simpulkan, sebagai berikut :

Pesatnya kemajuan dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi serta seiring dengan perkembangan zaman membuat peran informasi menjadi sangat penting. Perkembangan informasi saat ini sangat erat kaitannya dengan perkembangan komputer sebagai sarana pendukung suatu pekerjaan. Sebagai penyimpan informasi, komputer merupakan penyampai informasi yang lengkap, tepat, cepat, dan akurat. Komputer sebagai pendukung informasi telah menjangkau seluruh bidang. Bangsa yang maju akan berorientasi pada budaya tulisan dibandingkan budaya tutur dan lisan. Membangun sebuah media informasi sekarang ini sangatlah penting, banyak orang yang tidak mengetahui akan pentingnya media informasi ini, padahal dari media informasi kita dapat mengetahui banyak informasi yang belum kita ketahui.Oleh karena itu dibutuhkan media informasi dalam bentuk informasi elektronik melalui website yang menyajikan banyak informasi.Sistem manajemen publikasi melalui website ini adalah sistem yang digunakan untuk kepentingan pusat penelitian, pengembangan geololgi. Dan juga kepentingan bagi kepentingan masyarakat Indonesia. Tantangan terberat dalam membangun Web adalah menjadikan Web tersebut menjadi lebih hidup dan bermamfaat bagi yang mengakses Web tersebut.Banyak alternative teknologi yang membuat web menjadi interaktif dan sangat dinamis, beberapa diantaranya seperti JAVA, PHP, dan ASP.

Analisis yang sedang berjalan di Pusat Survei Geologi di Museum Geologi akan digambarkan berupa flowmap. Tahap pertama yang harus dilakukan adalah mempelajari dan mengevaluasi sistem yang berjalan. Pemahaman terhadap sistem dilakukan dengan mempelajari bagaimana sistem tersebut berjalan. Di Pusat Survei Geologi pengiriman informasi dan publikasi masih menggunakan Jurnal-jurnal, email dan ftp server. Data yang dikirim oleh penulis akan diproses oleh Redaktur dan diberikan pada bagian layout. Redaktur sering mengalami kesulitan pada saat mencari data berita khususnya data-data berita informasi. Bagian layout akan menempatkan berita dan foto sesuai dengan kolom kolom yang diberikan oleh redaktur pelaksana. Setelah tersusun pada kolom yang disediakan akan dikoreksi kembali oleh redaktur, jika sudah sempurna maka akan dikirim ke percetakan untuk dicetak menjadi buku berupa laporan atau jurnal-jurnal yang ditempatkan diperpustakaan . 

Flowmap adalah representasi grafik dari sistem informasi, proses – proses, aliran – aliran data logis, masukan, keluaran, dan file – file serta entitas – entitas sistem operasi yang berhubungan dengan sistem informasi. Dalam Flowmap dijelaskan, penulis memberikan daftar berita pada Sekertaris redaksi. Sekertaris redaksiakan memilih berita dan diserahkan pada redaktur pelaksana. Redaktur pelaksana mengadakan rapat dengan redaktur untuk menentukan judul berita yang akan ditampilkan di buku atau jurnal. Judul berita yang dipilih untuk ditampilkan di buku-buku laporan dan jurnal-jurnal diberikan pada penulis,  penulis akan menyusun materi berita tersebut beserta data-data hasil penelitian.Materi infrmasi dan data-data hasi penelitian yang sudah lengkap diserahkan pada redaktur pelaksana yang kemudian diserahkan pada redaktur sesuai bidangnya. Berita yang telah diberikan pada redaktur akan diedit dan diserahkan pada bagian layout. Redaktur juga memberikan dummy pada bagian layout, dummy adalah gambar kolom – kolom dimana informasi dan data-data informasi hasil penelitian akan ditempatkan. Bagian layout akan menempatkan data-data  sesuai dummy yang dibrikan oleh redaktur. Data yang sudah ditempatkan diserahkan pada korektor untuk dikoreksi kemudian diserahkan ke redaktur untuk dikoreksi kembali. data yang sudah dikoreksi redaktur adalah berita yang sudah fix atau siap untuk dicetak. data tersebut akan diserahkan ke bagian TI untuk dikirim ke percetakan dan dicetak menjadi jurnal.

Analisis dilakukan dengan mengadakan wawancara dengan bagian-bagian yang terkait dengan aplikasi publikasi secara online yang akan dibangun, yaitu  bagian TI, Redaktur ,dan bagian layout. Tujuan dari analisis adalah untuk mendapatkan gambaran dari proses pengolahan data yang akan diterapkan pada aplikasi publikasi secara online ini, sehingga perangkat lunak yang akan dibangun sesuai keinginan pengguna. Dari tahap analisis ini, aplikasi dimodelkan sedemikian rupa dengan menggunakan DFD (Data Flow Diagram).





Tidak ada komentar:

Posting Komentar